MUSDES Pertanggung Jawaban Pengelolaan dan Keuangan BUMDesa

Administrator 28 Januari 2020 13:34:00 WITA

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah sebuah lembaga ekonomi yang menganut asas mandiri dengan modal usaha yang sebagian besar bersumber dari APBDes dan masyarakat. Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Jinengdalem mengadakan Musyawarah Desa tentang Laporan Pertanggung Jawaban Pengelolaan dan Keuangan BUMDesa Dwi Amertha Sari Tahun Buku 2020, Selasa (28/01/2020) bertempat di Aula Kantor Perbekel Desa Jinengdalem.

Musyawarah Desa dihadiri oleh Pengurus dan Anggota BUMDesa Dwi Amertha Sari, Pj. Perbekel dan Perangkat Desa, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, Kelian Desa Adat Alap Sari, Kelian Subak yang ada di Desa Jinengdalem, Perwakilan PKK dan Tokoh Masyarakat.

Acara dibuka oleh moderator dari anggota BPD, Kemudian dilanjutkan dari sambutan BPD Nyoman Ardhana “pendirian BUMDesa bertujuan meningkatkan perekonomian desa dan meningkatkan pendapatan masyarakat desa dan Pendapatan Asli Desa (PAD). Pelaporan Pertanggung Jawaban BUMDesa dilakukan pada saat MUSDES yang dilakukan oleh Badan Permusyaratan Desa”.

Pj. Perbekel Desa Jinengdalem I Made Sudiada sangat mengapresiasi atas kerja BUMDesa yang bisa bekerja maksimal dan inovasi-inovasi Pemerintah Desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalam tambahannya keuntungan yang didapatkan dari BUMDesa bukan merupakan milik pribadi tapi menjadi milik masyarakat yang berupa PAD yang bisa digunakan untuk mesejahterahkan masyarakat.

Selanjutnya Ketua BUMDesa Gede Hendri Ari Susila memaparkan laporan pertanggung jawaban dari pengelolaan dan keuangan BUMDesa Dwi Amerta Sari mulai dari Unit Simpan Pinjam, Unit UPS AB, Toko Bumdesa dan Unit Pengelolaan Sampah. Proses pertanggungjawaban dilakukan sebagai upaya evaluasi tahunan serta upaya-upaya pengembangan ke depan, Mekanisme dan tata tertib pertanggungjawaban ini disesuaikan dengan AD/ART

Komentar atas MUSDES Pertanggung Jawaban Pengelolaan dan Keuangan BUMDesa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

JAM DIGITAL

KALENDER BALI

Lokasi Jinengdalem

tampilkan dalam peta lebih besar